Laman

Past Continuous Tense

Past Continuous Tense digunakan untuk menyatakan peristiwa yang SEDANG TERJADI juga, tetapi tidak sedang terjadi sekarang, melainkan sedang terjadi tetapi DULU, tetapi sudah lewat. Seperti arti katanya, Past berarti “sudah lewat”, sedangkan Continuous artinya “sedang”. Contohnya gini:

Kemarin teman saya datang ke rumah saya, gedor-gedor pintu, tetapi tidak ada yang buka. Padahal saya ada di rumah, tetapi saat itu tuh “Saya sedang tidur!”. Kapan sedang tidurnya? Kemarin, saat teman saya itu datang. Bukan sekarang kan? Tetapi sedang loh! Itulah Past Continuous Tense.

Rumus Past Continuous Tense
Positif: S + was/were + V1 + ing
Negatif: S + was/were + NOT + V1 + ing
Tanya: Was/Were + S + V1 + ing


I, She, He, It, Tri, Budi pasangannya adalah WAS
We, They, Tri and Budi pasangannya adalah WERE.

Contoh kalimat postif:
-They were learning in the classroom when I came (mereka sedang belajar di kelas ketika saya datang)
- I was writing when Dina called me (saya sedang menulis ketika Dina menelepon saya)
- Joko was sleeping when i came (Joko sedang tidur ketika saya datang)

Contoh kalimat negatif:
-They were not learning in the classroom when I came (Mereka tidak sedang belajar di kelas ketika saya datang)
- I was not writing when Dina called me (saya tidak sedang menulis ketika Dina menelepon saya)
- Joko was not sleeping when i came(Joko tidak sedang tidur ketika saya datang)

Contoh kalimat tanya:
-Were they learning in the classroom when I came (Apakah mereka sedang belajar di kelas ketika saya datang?)
- Was I writing when Dina called me (Apakah saya sedang menulis ketika Dina menelepon saya?)
- Was Joko sleeping when i came. (Apakah Joko sedang tidur ketika saya datang?)

sumber:

0 komentar:

Posting Komentar