Laman

Bagaimana Peranan Media Pengajaran Dalam Upaya Mengembangkan Pelaksanaan Pengajaran




Yang dimaksud dengan peranan disini adalah media pendidikan yang digunakan itu mempunyai arti tersendiri bagi guru yang memakainya , sehingga ia dapat membantu peserta didiknya memproses penulikan pesan – pesan pendidikan yang disampaikan (achievement) , di antaranya yaitu :

A.     Memperjelas Pokok Bahasan Yang Disampaikan Guru
Penggunaan media pengajaran bagi guru dapat mengefektifkan dan mengfungsionalkan penggunaan alat indera peserta didiknya sebanyak mungkin sesuai dengan sifat materi dan pokok bahasan yang disampaikan .Dengan menggunakan media pengajaran yang tepat guna , uraian dan contoh yang pernah dikemukakan guru makin bertambah jelas , sehingga bagian – bagian sub pokok bahasan yang belum sempat disampaikan dapat disajikan oleh media pengajaran yang bersangkutan

B.  Membantu Guru Dalam Memimpin Diskusi
Dengan menggunakan media pengajaran yang tepat , guru dapat mengarahkan dan memancing pertanyaan – pertanyaan dari peserta didiknya mengenai pesan – pesan pendidikan yang telah disajikan tadi.Mungkin dalam materi pengajaran tadi terdapat hal – hal baru yang kurang dipahami mereka .Sehingga guru dapat menjelaskan dengan baik.
Melalui diskusi kelas masalah – masalah yang terdapat dalam materi pembelajaran tadi dapat dicarikan jalan pemecahannya melalui tanya jawab di antara siswa di bawah arahan guru.

C.  Membantu Meringankan Beban Guru
Guru yang mampu memilih media pengajaran yang sesuai dan memprogramkan pemakaiannya , sehingga perananannya dapat diserahkan sebagian kepada media pengajaran yang bersangkutan untuk sementara , sehingga secara tak langsung telah merangsang peserta didiknya aktif terlibat dalam proses belajar mengajar.Misalnya bila ia menggunakan film atau video , transparan dengan OHP , surat kabar , radio. Dengan menggunakan media pengajaran seperti ini peranan guru tak lagi dominan , karena sebagian telah digantikan atai didelegasikan kepada media pengajaran yang digunakan.

D.  Merangsang Peserta Didik Mengadakan Dialog Dengan Diri Sendiri Atau Internal Dialog
Bila dikaji secara mendalam media pengajaran yang digunakan secara tepat dapat merangsang para peserta didik dengan pesan – pesan pendidikan yang disampaikannya . Peserta didik yang kritis akan bertanya – tanya dalam dirinya (internal dialog) selama media pengajaran itu dipertunjukkan atau sudah selesai penyajian media pengajaran tersebut.

E.   Mendorong Peserta Didik Aktif Belajar
Selama penggunaan media pengajaran , secara tidak langsung telah memotivasi seluruh kelas untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar .Bahkan tak jarana peserta didik yang ingin sekali lagi mengikuti dan mengulangi penyajiaanya. Karena keinginan yang besar untuk  memahami dengan baik.Di kampus – kampus yang baik dan di lembaga – lembaga pendidikan yang telah maju perpustakaannya , menyediakan berbagai rekaman bidang studi untuk berbagai tingkat pendidikan dan dapat diputar sendiri atau dibantu pegawai perpustakaan cara menggunakannya. Dengan demikian media pengajaran sangat membantu peserta didik untuk rajin belajar mandiri.

F.   Memudahkan Guru Mengatasi Masalah Ruang , Tempat dan Waktu
Melalui media pengajaran guru dapat mengatasi masalah yang berkenaan dengan ruang , tempat dan waktu jika pokok bahasannya mengenai luasan padang pasir dan besarnya Masjidil Haram dan Madang Arafah , maka media pengajaran masalah ruang yang sukar disampaikan dengan kata – kata dapat disajikan lewat media pengajaran seperti rekaman video atau televisi , slide atau film bingkai , begitu juga dengan materi pembelajaran yang lain.

G.  Memberi Pengalaman Nyata Kepada Peserta Didik
Masalah – masalah agama seperti kekuasaan Allah dapat ditampilkan dalam bentuk  media pengajaran .Misalnya guru memutar film mengenai hujan yang dimulai dari air sungai mengalir ke laut , kemudian menguap ke udara dan menjadi dingin sampai nol derajat.Awan yang telah menjadi es ini nberat dan turun ke bawah dan mencair karena gesekan udara , dan turun menjadi air hujan.Dari air hujan tumbuhlah berbagai tanaman dan pon yang berbuah dan menjadi riski bagi manusia.
Atau rekaman gerhana matahari dan bulan. Mulai dari awal sampai akhir dan kembali terang benderang. Pengalaman nyata yang direkam ini disajikan kepada peserta didik , maka pesan – pesan agama dapat dapat dihayati oleh peserta didik dengan sepenuh hati dan meyakinkannya.Bahkan mungkin rekaman ini lebih menarik bagi mereka , karena ada bagian gerhana itu yang tidak dapat dilihat dengan mata , tetapi bisa direkam dengan peralatan canggih sehingga bisa dihayati kenyataan yang direkam tersebut.Jadi banyak kemudahan yang diberikan oleh media pengajaran yang diprogram dengan tepat.

H.  Memberikan Perangsang , Pengalaman Dan Pengamatan Yang Sama Kepada Seluruh Peserta Didik Dalam Waktu Yang Sama
Hal – hal yang menarik dari penggunaan media pengajaran ini bagi guru adalah membantu peserta didik kita memberika perangsang yang sama kualitasnya kepada mereka dalam waktu yang sama .Demikian pula pengalaman , pengamatan yang sama dalam waktu yang sama. Jika guru menyajikan materinya dengan metode ceramah atau metode lainnya , mungkin suara kurang jelas dan penampilan kurang tepat sehingga ada sebagian mereka kurang dapat memahaminya, terutama mereka yang duduk di bagian belakang .Seperti lukisan yang dibuat di papan tulis kurang jelas dan sebagainya. Bila keadaan ini diatasi secara individual , akan menyita waktu dan kurang efisien.Tapi dengan menggunan media yang tepat , dapat dihayati secara kebersamaan ( togethernes) dalam waktu yang sama oleh seluruh kelas. Hal ini dikatakan demikian karena sifat perangsang media pengajaran yang telah diprogramkan itu bersifat memberi perangsang yang sama kuat dengan kualitas yang sama terhadap seluruh peserta didik , terkecuali ada di antara peserta didik yang terganggu panca inderanya, hal ini memang harus diatasi secara individual.

2 komentar:

adnan mengatakan...

mengenai bagian C patut dipertanyakan. apakah dengan media tugas guru makin ringan ???? menurut pengalaman dengan media tugas guru makin berat. guru harus menyediakan media, atau membuat bahkan mencari ke toko-toko. apalagi di pedesaan.
Bukti : sampai saat ini masih banyak guru yang enggan menggunakan media dalam mengajar ???? Why ?

Trie mengatakan...

Sedikit opini dari saya,
Media pengajaran memang disatu sisi meringankan tugas guru dalam hal memberikan pengajaran kepada siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami penjelasan dari guru, tapi disisi lain guru mungkin akan merasa lebih terbebani karena harus menyediakan media pembelajaran..
Kendala itu mungkin dapat sedikit diatasi dengan cara pemilihan media pembelajaran yang tepat, mudah dan murah. Media pembelajaran tidak selamanya harus dibuat dari bahan yang sulit didapat, misalnya saat pembelajaran Pkn pokok bahasan demokrasi, guru dapat menggunakan koran yang notabene mudah didapat sebagai salah satu media pengajaran agar lebih mudah menyerap apa yang disampaikan guru..

Posting Komentar